Prensa CDP

Memimpin Sebuah Team Direct Selling

Memimpin Sebuah Team Direct Selling

Prensacdp.com – Memimpin Sebuah Team Direct Selling. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi direct selling. Jika anda ingin berkembang dan mencapai kesuksesan anda harus memiliki team.

Seperti yang anda sudah pelajari bahwa kunci sukses dalam bisnis direct selling adalah sebesar apa team direct selling anda. Semakin besar team direct selling anda maka semakin besar peluang anda mencapai keberhasilan di bisnis direct selling.

Jadi memimpin sebuah team direct selling adalah sesuatu yang harus anda lakukan dalam membangun bisnis anda.

Seperti apa memimpin sebuah team direct selling itu? mari kita teruskan tulisan ini.

Memimpin Sebuah Team Direct Selling

Memimpin Sebuah Team Direct Selling

Berikut ini tugas anda dalam memimpin sebuah team direct selling.

Tugas anda adalah untuk membuat seorang mencapai tujuannya.

Anda bertugas bagaimana caranya anak buah anda yang anda pimpin dapat mencapai tujuannya? Untuk itu anda harus mengerti apa tujuan mereka. Jika mereka tidak mengerti apa tujuan mereka, di sini tugas anda untuk membantu mereka membuat tujuan.

Anda harus siap dengan tugas anda.

Sebuah kesempatan untuk melatih kemampuan anda

Dengan memimpin sebuah team, di sini anda sebenarnya sedang melatih kemampuan anda dalam hal retraining. Semakin banyak yang anda pimpin berarti semakin banyak jam terbang anda. Hal ini akan membuat anda semakin ahli melakukannya.

Mulai membangun reputasi sebagai retrainer yang hebat.

Dengan memimpin sebuah team, anda juga berkesempatan membangun reputasi anda sebagai seorang retrainer atau pemimpin.  Reputasi ini kelak akan membesarkan diri anda karena banyak yang datang kepada anda untuk di bantu dan di pimpin.

Jika demikian, bisnis anda akan terus berkembang karena reputasi anda semakin baik.

Bersiaplah Menjadi Pemimpin untuk

Ketika anda membangun team, anda harus sudah siap untuk menjadi pemimpin. Apa yang akan di pimpin dalam team anda? Sebagai seorang yang Memimpin Sebuah Team Direct Selling bersiaplah untuk hal-hal berikut ini.

Daerah atau Wilayah

Apa yang di maksud untuk bersiap untuk daerah atau wilayah? Makdunya adalah ketika anda memimpin team direct selling anda. Anda akan bertemu dengan daerah atau wilayah yang berbeda-beda. Kondisi yang wilayah atau teritori yang anda hadapi tidak akan pernah sama.

Di sinilah anda sebagai pemimpin harus menunjukkan kemampuan anda dalam memimpin team direct selling anda. Anda harus selalu siap memberi contoh kepada team anda, termasuk bagaimana cara melakukan closing produk di tiap-tiap daerah yang berbeda tersebut.

Transportasi

Transportasi maksudnya adalah bagaimana cara anda menuju ke tempat atau wilayah kerja anda. Berapa lama anda merencanakan untuk sampai di tempat tujuan? Ini penting anda kuasai, jangan sampai kesalahan anda mengatur transportasi menyebabkan waktu kerja yang tidak maksimal.

Seperti jika tujuan ke teritori anda membutuhkan waktu sekitar 3 jam, sebaiknya anda harus berangkat jam berapa? Dan dengan kendaraan apa anda menuju ke daerah itu?

Anda harus bersiap untuk hal itu.

Tujuan

Hendaklah tujuan di tetapkan secara jelas dan tertulis. Dengan demikian anda selalu fokus terhadap apa yang telah menjadi tujuan. Menulis tujuan tidak saja untuk menjaga kefokusan anda, tetapi juga dapat menjadi bahan evaluasi nantinya setelah selesai melaksanakan tugas.

Sebagai seorang pemimpin yang bertugas memimpin sebuah team direct selling. Anda harus siap dengan tujuan Anda.

Persiapan

Agar apa yang di rencanakan bisa lancar pada saat pelaksanaan. Anda sebagai pemimpin harus menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan. Sebagai seorang leader yang memimpin team direct selling, apa yang harus anda siapkan? yaitu hal-hal seperti tas, buku, kwitansi, voucher, brosur, pulpen, id card, dan lain-lain.

Ini sangat penting, jangan sampai hal-hal kecil yang tidak di persiapkan ini mengganggu kegiatan anda. Ingat persiapan yang matang akan memudahkan anda dilapangan.

Segala hal yang mungkin dapat terjadi

Bersiaplah untuk segala hal yang mungkin dapat terjadi. Apa maksudnya? Segala hal mungkin bisa terjadi, seperti daerah yang tiba-tiba tidak di ijinkan, hujan deras yang tidak kunjung berhenti, atau hal-hal lain yang memungkinkan team anda tidak bisa bekerja.

Apa yang akan anda lakukan? sebagai seorang yang memimpin team direct selling, anda harus memikirkan hal itu.

Konsultasi kepada atasan

Dalam memimpin sebuah team direct selling, kemungkinan anda akan membutuhkan banyak saran dan bimbingan dari atasan anda. Maka siapkan selalu waktu untuk berkonsultasi kepada atasan anda.

Dengan konsultasi kepada atasan anda akan mendapat lebih banyak wawasan yang dapat anda gunakan dalam memimpin team direct selling anda.

Tunjukkan rencana

Agar yang anda pimpin mengerti tujuan anda, maka anda perlu menunjukkan rencana anda kepada team yang anda pimpin. Bagaimana mereka dapat membantu anda mencapai tujuan anda, jika anda tidak pernah menunjukkan rencana anda?

Itu seperti mereka berjalan tanpa tujuan yang jelas. Dengan demikian hasil pun akan sulit di capai.

Jadi sebagai seorang pemimpin team direct selling anda harus bersiap selalu menunjukkan rencana anda.

Extra Mile

Sesekali anda perlu melakukan extra mile, dengan tujuan untuk mengejar suatu target atau mencari wilayah baru. Tujuan extra mile ini adalah untuk selalu menjadi team selalu menemukan hal-hal yang baru.

Etika Kerja

Sebagai seorang yang memimpin team direct selling anda harus selalu menunjukkan etika kerja yang baik. Hal ini dapat menjadi contoh bagi anggota team yang anda pimpin.

Hari Yang Lesu

Terkadang anda akan menemui hari-hari yang lesu. Biasanya jika orang-orang yang pimpin tidak dapat menunjukkan prestasinya hari itu. Apa yang anda lakukan?

Sebagai pemimpin team anda harus bersiap untuk mengatasi hal itu. Anda harus tetap semangat, jangan biarkan anak buah larut dalam hari yang lesu.

Nilai Kembali Tujuan

Apakah orang-orang yang anda pimpin tetap pada jalur mereka untuk mencapai apa yang mereka inginkan untuk minggu ini?  Sebagai seorang pemimpin team, anda harus selalu siap untuk menilai kembali tujuan anda.

Penutup

Begitulah artikel Memimpin Sebuah Team Direct Selling ini semoga ada manfaatnya.

Anda mungkin perlu membaca artikel ini : Winning Attitude dalam Direct Selling

Advertisement