Prensa CDP

Mengapa riset pasar penting untuk bisnis Anda

Mengapa riset pasar penting untuk bisnis Anda – Riset pasar adalah landasan penting yang akan menopang upaya untuk menampilkan entitas, layanan, atau bisnis Anda di hadapan orang-orang yang mungkin ingin menggunakannya.

Sebagai agen pemasaran digital, kami mendorong Anda untuk melakukan riset pasar – kami munafik jika mengatakan sebaliknya. Tapi apa itu riset pasar? Dan apakah itu selalu sangat diperlukan?

Apa itu riset pasar dan mengapa itu penting?

Riset pasar, cukup sederhana, belajar tentang target pasar Anda. Ini adalah proses mengumpulkan informasi tentang pelanggan yang ingin Anda tarik dan persaingan yang ada untuk produk Anda.

Data ini dapat membentuk pemasaran Anda, mendefinisikan kembali pemahaman Anda tentang pasar yang ada, dan bahkan mungkin mendorong Anda untuk kembali ke papan gambar dan menyempurnakan ide Anda.

Riset pasar penting karena memungkinkan Anda membangun profil orang yang ingin Anda targetkan. Anda dapat memanfaatkan temuan Anda untuk memahami apa yang mungkin mereka inginkan, ke mana mereka mungkin pergi untuk menemukannya, dan – yang paling penting – apa yang dapat Anda berikan kepada mereka sehingga mereka melihat nilai dalam produk atau layanan Anda.

Mencoba menjual kepada orang yang tidak Anda mengerti berarti Anda akan buta. Ada banyak pemilik bisnis yang dapat memberi tahu Anda tentang proyek gagal di masa lalu yang tenggelam karena kurangnya pengetahuan tentang pasar yang mereka targetkan.

Riset pasar sama pentingnya jika Anda memasarkan bisnis orang lain, bukan bisnis Anda sendiri. Tidak diragukan lagi, klien Anda telah memberi Anda beberapa informasi bermanfaat tentang mereka dan apa yang mereka lakukan, tetapi selalu ada sudut pandang baru yang dapat digali dengan melakukan riset Anda sendiri dan menafsirkannya melalui lensa spesialis pemasaran.

Dengan memahami persaingan di sekitarnya, Anda dapat mengidentifikasi apa yang unik dari bisnis Anda – atau klien Anda – dan menjual USP apa adanya; unik.

Apa contoh riset pasar?

Survei adalah salah satu bentuk riset pasar. Mereka ada di mana-mana berkat kemudahan pengaturannya dan biaya penggunaannya yang rendah. Survei online dapat tersebar jauh dan luas, dan insentif seperti masuk ke undian berhadiah membuat semuanya menjadi lebih efektif.

Menganalisis data dari survei dapat dilakukan secara langsung, dan pilihan pertanyaan mana yang akan Anda ajukan dapat mengungkapkan secara tepat jenis pernyataan kualitatif yang Anda sukai (pertanyaan terbuka) atau perasaan ya/tidak sederhana tentang topik dan ide tertentu (pertanyaan tertutup).

Survei relatif bebas dari bias, karena setiap respons tidak bergantung pada yang lain dan individu memiliki sedikit kesempatan untuk terpengaruh oleh opini kelompok. Namun, tidak ada metode penelitian yang 100% bebas dari potensi kesalahan.

Survei dapat diremehkan dengan pertanyaan yang mengarah, atau pertanyaan yang membahas masalah nyata yang mungkin dimiliki pengguna dengan produk atau layanan yang ada di pasar tertentu.

Namun, dengan pertanyaan dan analisis yang tepat, survei dapat mengungkapkan beberapa pendapat utama dari target pasar Anda. Anda dapat mengetahui opsi apa yang paling populer di pasar tertentu, nilai umum apa yang dipegang pelanggan Anda, rentang usia apa yang mereka tempati, dan banyak lagi.

Bagaimana Anda menggunakan riset pasar?

Riset pasar harus digunakan untuk menginformasikan bisnis Anda dan memandu upaya Anda untuk membuat, meningkatkan, dan menjual produk atau layanan Anda. Ini mendefinisikan hubungan antara Anda dan pelanggan Anda, memungkinkan Anda untuk mendapatkan umpan balik dan menindaklanjutinya, mengulangi dan meningkatkan setiap waktu berdasarkan keinginan dan kebutuhan pelanggan langsung.

Menggunakan data dari riset pasar Anda mungkin sesederhana mengubah nada suara Anda saat memposting ke media sosial, atau mungkin mengarah pada perombakan total model bisnis Anda. Jika datanya dapat dipercaya, bahkan gerakan besar pun dapat dilakukan secara rahasia.

Apa saja empat jenis riset pasar?

Riset pasar menghasilkan hasil yang berbeda tergantung pada metode apa yang Anda gunakan. Secara umum, semua riset pasar dapat dipecah menjadi empat kategori berbeda:

Penelitian Utama

Penelitian primer dalam banyak hal merupakan bentuk pengumpulan informasi yang paling andal dan berharga yang dapat Anda lakukan. Ini ditentukan oleh penelitian yang dilakukan langsung oleh Anda dan perusahaan Anda, seperti survei dan grup fokus yang disebutkan di atas.

Penelitian primer sangat berguna karena temuannya tidak berasal dari sumber lain dan karena itu tidak ternoda oleh bias dari luar. Data yang datang langsung dari basis konsumen Anda sendiri memberi Anda pandangan langsung tentang apa yang dipikirkan pengguna Anda, dan apa yang ingin mereka lihat di masa depan.

Metode melakukan penelitian utama sederhana untuk mendapatkan orang yang tepat di era internet. Berbagi jajak pendapat dan survei melalui saluran media sosial membuat mereka berpotensi menjadi ribuan pengguna. Banyak jaringan ritel dan perhotelan sekarang mengundang setiap pembeli untuk memberikan umpan balik dengan tautan survei atau kode QR yang dicetak pada tanda terima.

Hal ini memungkinkan penelitian utama terjadi secara terus-menerus dan segera setelah kunjungan ke toko, ketika pelanggan cenderung mengingat perjalanan mereka dengan jelas dan dapat memberikan gambaran yang paling akurat tentang apa yang mereka pikirkan.

Penelitian primer, bagaimanapun, tidak bebas dari bias tertentu, dan seringkali untuk alasan yang sama persis. Seorang pelanggan yang memiliki pengalaman buruk mungkin merespons lebih emosional daripada jika mereka kemudian mengandalkan fakta-fakta dari pengalaman mereka. Beberapa bisnis menunggu hingga menawarkan pelanggan kesempatan untuk memberi umpan balik, mengirim email kepada mereka 24 atau 48 jam setelah kunjungan mereka menggunakan informasi pemasaran yang ada.

Penelitian Sekunder

Penelitian sekunder adalah data yang dikumpulkan dari sumber selain dari upaya pengumpulan langsung Anda sendiri. Ini bisa berupa e-book, artikel, dan whitepaper dari perusahaan lain yang bekerja di pasar yang sama atau serupa dengan milik Anda.

Jika penelitian utama memberi tahu Anda yang terbaik tentang pelanggan Anda, penelitian sekunder memberi tahu Anda tentang pesaing Anda. Masih banyak yang harus dipelajari tentang pelanggan Anda melalui penelitian sekunder, tetapi akan selalu ada setidaknya beberapa derajat pemisahan antara Anda dan pelanggan Anda melalui penelitian yang berasal dari sumber lain.

Idealnya, penelitian sekunder harus mendukung penelitian utama Anda sendiri – tidak menggantikan yang lain, tetapi meningkatkan dan mengkualifikasikan temuan Anda. Dengan mengumpulkan gambaran yang jelas tentang pelanggan Anda dan gambaran yang sama jelas tentang pesaing Anda, Anda mendapatkan panorama domain Anda. Ini menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk meningkatkan, mengganggu, dan menjadi pemimpin pemikiran di pasar Anda.

Penelitian kualitatif

Penelitian kualitatif tidak saling eksklusif dengan penelitian primer atau sekunder. Penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat berupa penelitian primer atau sekunder, karena keduanya berkaitan dengan kemampuan untuk mengukur penelitian daripada dari mana sumbernya.

Penelitian kualitatif menyediakan data yang sulit diukur atau dimasukkan ke dalam angka. Sehubungan dengan survei, ini adalah pertanyaan terbuka Anda. Menanyakan kepada pelanggan, ‘ Apa yang paling Anda sukai dari berbelanja di X? ‘ akan memberikan jawaban yang berbeda sebanyak responden.

Meskipun akan ada beberapa suasana hati dan pendapat umum di antara orang-orang, hampir tidak ada yang persis sama. Hal ini membuat data kualitatif menjadi yang paling bebas untuk mewakili orang, tetapi yang paling sulit untuk diukur pada akhirnya. Ini membutuhkan interpretasi di luar analisis numerik dan membutuhkan rasa empati perusahaan untuk menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan dan memahaminya.

Dalam pengertian ini, penelitian kualitatif memungkinkan Anda memahami mengapa pelanggan memegang pendapat yang mereka miliki, dan sejauh mana mereka merasakan hal tertentu. Inilah sebabnya mengapa banyak survei memiliki pertanyaan yang bekerja pada skala 1-10, biasanya dengan kotak komentar untuk penjelasan atau masukan lebih lanjut.

Penelitian kuantitatif

Penelitian kuantitatif pada hakikatnya merupakan kebalikan dari penelitian kualitatif, menyangkut data yang dapat dengan mudah diatur dan dikategorikan. Jawaban ya/tidak dan setuju/tidak setuju sangat ideal untuk penelitian kuantitatif, memberikan Anda jawaban kunci untuk pertanyaan sederhana yang dapat dihitung dan dibandingkan.

Penelitian kuantitatif bersinar dalam situasi di mana Anda memiliki ide-ide yang bersaing dan Anda perlu menebangnya. Dalam metodologi penelitian, pengujian A/B menyajikan kepada pengguna dua varian halaman web, tata letak toko, atau elemen lainnya. A atau B disajikan secara acak di antara basis pengguna. Reaksi terhadap masing-masing varian ini dipantau, dan pemenang dipilih dari mana yang tampaknya lebih mendorong tujuan perusahaan ke depan.

Bertujuan untuk penelitian kuantitatif mungkin terdengar seperti bertujuan untuk lebih banyak data ‘dangkal’ di muka itu, tetapi dapat membantu tidak rumit dalam konteks yang tepat. Beberapa pertanyaan tidak membutuhkan masukan yang detail atau jawaban yang bertele-tele. Pelanggan tidak perlu menjelaskan bagaimana produk yang didesain ulang membuat mereka ‘merasa’ – tetapi, mengetahui apakah mereka pikir itu lebih baik dari sebelumnya, atau lebih buruk, akan sangat membantu.

Sama seperti penelitian primer dan sekunder yang paling baik jika dipasangkan, penelitian kualitatif dan kuantitatif dapat memberikan gambaran yang paling jelas ketika yang satu digunakan untuk mengkontekstualisasikan yang lain. Penelitian kuantitatif dapat menunjukkan kepada Anda pemikiran dan pendapat pelanggan Anda dan seberapa lazimnya mereka; penelitian kualitatif dapat mengungkap mereka dan mengungkapkan rute utama ke dalam proses berpikir pelanggan Anda.

Apa jenis riset pemasaran terbaik?

Jenis riset pasar terbaik untuk bisnis Anda tergantung pada apa bisnis Anda. Apa yang Anda lakukan dan apa yang Anda coba ubah adalah faktor kunci yang harus diselesaikan sebelum menggali untuk meminta pendapat pelanggan.

Makanan dan keramahtamahan, misalnya, mungkin paling banyak digunakan dalam penelitian kuantitatif primer. Ini dapat memberi tahu bisnis di sektor ini berapa banyak orang yang membeli produk dan makan di perusahaan pesaing mereka, dan berapa banyak yang akan mereka belanjakan dalam minggu tertentu. Ini melukiskan gambaran demografi dan perilaku pelanggan di area target, mendefinisikan pembeli ideal mereka. Misalnya, bisnis yang ingin mengembangkan SEO Bali mereka perlu mengetahui pasar di Bali itu sendiri.

Untuk menopang riset pasar mereka, sumber sekunder juga dapat dicari dalam bentuk studi riset, jajak pendapat oleh pengawas konsumen, dan data pemerintah.

Intinya adalah bahwa riset pasar adalah yang terkuat ketika didekati dari banyak sudut yang diperlukan untuk mendapatkan pandangan yang paling sempurna. Tidak ada pendekatan tunggal yang akan mendapatkan semua data yang Anda butuhkan sendiri.

Bagaimana Anda melakukan riset pasar?

Mengetahui jenis riset pasar yang tersedia, metode yang dapat Anda terapkan untuk melakukan riset sangat banyak.

Survei, kelompok fokus, dan wawancara adalah metode penelitian primer yang baik yang masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahannya sendiri. Grup fokus menyatukan anggota audiens ideal Anda, tetapi mereka rentan terhadap bias yang memangsa peserta dan moderator yang membimbing mereka.

Cara mudah dan murah untuk melakukan riset pasar primer adalah dengan membuat survei online menggunakan platform yang sudah ada seperti SurveyMonkey dan Jotform , kemudian mendistribusikannya melalui daftar email dan media sosial. Ini menghilangkan kebutuhan untuk mengatur peserta secara fisik dan dapat berlari selama yang Anda suka. Jenis penelitian ini dapat diatur, dilakukan, dan diawasi dari desktop.

Melakukan penelitian sekunder seringkali sesederhana duduk dengan secangkir kopi dan daftar kueri Google. Penelitian sekunder dapat dilakukan di latar belakang sementara penelitian primer berjalan, membutuhkan pelatihan atau pengaturan khusus. Kumpulkan data Anda, catat, dan ubah menjadi fakta dan angka yang Anda butuhkan.

Setelah riset pasar Anda mengarahkan Anda untuk mengetahui apa yang dicari pelanggan Anda, Anda dapat mengasah strategi pemasaran Anda sehingga branding dan SEO Anda mengatakan dengan tepat apa yang ingin mereka dengar.

Pemasaran dengan Prensa Cdp by IGMA STudio

Kami adalah agen pemasaran yang berbasis di Jakarta & juga Bali Tim kami memahami cara memberikan layanan SEO yang kompetitif untuk bisnis apa pun, baik yang berbasis di Jakarta yang ramai , Bali yang ramai , atau bahkan di mana saja di Indonesia.

Jika Anda masih bertanya pada diri sendiri, ‘apa itu riset pasar dan bagaimana cara menggunakannya?’, atau masih bingung Cara riset pasar untuk SEO jangan ragu untuk menghubungi kami hari ini .