Prensa CDP

Investasi terbaik untuk masa depan

Prensadcp.com – Investasi terbaik untuk masa depan. Ketika sebagaian besar orang  di tanya apa itu investasi? Kebanyakan dari mereka akan menjawab menyimpan uang di bank dalam bentuk deposito, beli mas, eli saham, atau beli property.

Bagaimana dengan anda? apakah mempunyai jawaban yang sama? mungkin bisa sama. ya itu semua benar.

Tapi ada bentuk ivestasi yang tidak berwujud barang-barang seperti di atas. Namun sangat penting untuk anda ketahui. Apa itu?

Mari kita teruskan membaca….

Pengertian Inverstasi secara Umum

Untuk membahas tentang Investasi terbaik untuk masa depan, Sebelumnya kita bahas dulu tentang pengertian investasi tersebut di atas.

Investasi adalah suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Perhatikan, apa tujuan ber investasi? Yaitu untuk mendapat sejumlah keuntungan atau dengan kata lain berharap modal yang di investasikannya akan terus meningkat nilainya.

Keuntungan dari investasi adalah adanya selisih dari jumlah yang di tanamkan terhadap nilai saat ini. Itulah keuntungan investasi.

Investasi terbaik untuk masa depan

Investasi terbaik untuk masa depan

Kita kembali ke pertanyaan investasi apakah selain investasi berupa barang yang kelihatan namun sangat penting untuk masa depan anda?

Inventasi apakah itu? yaitu investasi ilmu pengetahuan.

Investasi di bidang Ilmu Pengetahuan atau Pendidikan

Menurut Anda apakah investasi di bidang ilmu pengetahuan atau Pendidikan itu penting? Jika anda menjawab ya.. selamat.. Anda paham. Jika anda menjawab tidak penting. Saya sarankan anda teruskan membaca artikel ini.

Berinvestasi di bidang ilmu pengetahuan atau Pendidikan adalah Investasi terbaik untuk masa depan.

Serius… ilmu pengetahuan itu penting banget. Ilmu pengetahuan bisa mengubah nilai di masa depan.

Berikut saya paparkan contoh sederhana, mengapa ilmu pengetahuan adalah Investasi terbaik untuk masa depan?

Contoh Investasi Karyawan Biasa

Ilustrasi :

Ada seorang karyawan bekerja di sebuah perusahaan direct selling, katakanlah di PT. HDC sebagai tenaga penjual produk-produk herbal dengan gaji 5 juta perbulan.

Setelah di utak-atik pakai taktik sampai mentok, dapatlah budget sebagai berikut :

Untuk Kontrakan                    1,000,000
Untuk Biaya Sehari-hari                    3,000,000
Transportasi                        300,000
Listrik & Paket Data                        200,000
Total pengeluaran bulanan                    4,500,000
Sisa Rp. 500.000,-

 

Si karyawan tadi memutuskan untuk menyimpan sisa penghasilannya dalam bentuk tabungan di bank. Harapannya adalah jika nanti sudah terkumpul banyak dan cukup, akan di investasikan dalam bentuk tanah.

Pertanyaannya, berapa lama kira-kira si karyawan tadi bisa membeli sebidang tanah ukuran 1 are (10 x 10) dengan  harga tanah 100 juta?

Yuk.. kita hitung bareng-bareng.

Setelah kita hitung-hitung, untuk mempunyai tabungan sebesar Rp. 100 juta si karyawan tadi membutuhkan waktu sekitar 200 bulanan. (cara menghitungnya yaitu 100.000.000 : 500.000 = 200).

200 bulan sama dengan 16 tahun delapan bulan ( 200 : 12). Woooowwww lama sekali.. Belum lagi, terjadi inflasi, kenaikan harga tanah 16 tahun kemudian, belum lagi kebutuhan lain yang mendadak.

Kesimpulannya, cita-cita untuk memiliki tanah seluas 10 x 10 meter persegi butuh waktu yang sangat lama dan terasa begitu berat dan sulit.

Apakah ini adalah ide yang bagus untuk Investasi terbaik untuk masa depan? Kayaknya bukan deh…

Cara berpikir Investasi Karyawan Cerdas

Nah, bagaimana kalau kita sarankan si karyawan tadi untuk ber-investasi ilmu pengetahuan atau Pendidikan.

Oke. Kita ibaratkan si karyawan tadi kita ajarin cara berpikirnya dan kita kasih saran seperti berikut ini :

Mas karyawan, kalau boleh saran, dari pada sampean tabung uang anda yang sebesar Rp. 500.000,- untuk beli tanah. Itu butuh waktu cukup Panjang lho, 16 tahunan. Itupun kalau perusahaan masih ada dan tidak ada inflasi.

Sebaiknya mas karyawan lakukan investasi di ilmu pengetahuan atau Pendidikan dulu. Ini akan menjadi Investasi terbaik untuk masa depan anda.

Seperti ini teknisnya mas.

Mas karyawan tingkatkan kemampuannya melalui training-training atau ikut pelatihan agar naik level. Naik level di sini maksudnya bukan saja naik level dalam hal jabatan tetapi juga naik level kemampuannya.

Kalau mas karyawan posisinya saat ini hanya sales biasa. Dan kemampuan menciptakan target omzet bagi perusahaan masih rendah,  nah dengan ikut pelatihan-pelatihan maka kapabilitas mas akan meningkat. Tentunya mas akan punya kemampuan lebih. Yang pada ujungnya kemampuan mas akan di hargai oleh perusahaan dengan peningkatan gaji dan insentif-insentif lainnya.

Anda tahu? Jika anda adalah ahli penjual atau master direct selling, penghasilan seorang ahli penjual bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta perbulannya. Sudah banyak yang membuktikannya, saya juga pernah mengalaminya.

Katakan saja setelah kita berinvestasi di ilmu pengetahuan tadi, penghasilan kita meningkat menjadi 15 juta perbulan.

Yuk kita hitung-hitungan lagi, bagaimana kondisi keuangan anda sekarang.

Penghasilan Rp. 15.000.000 di kurangi pengeluaran Rp. 4.500.000,-  sisal adalah 11.500.000,-

Sekarang anda bisa investasikan sisa penghasilan anda misalkan 10 juta saja perbulannya.

Untuk menjadi Rp. 100.000.000,- butuh berapa bulan? Ya. Butuh sepuluh bulan saja untuk mencapainya.

Jika waktu yang anda gunakan untuk melatih kemampuan (investasi ilmu pengetahuan) adalah 3 tahun. Maka anda butuh waktu waktu 3 tahun + 10 bulan, untuk bisa membeli tanah seluas 10 x 10 meter persegi tersebut.

Jadi? Berapa bulan waktu yang anda hemat jika membandingkan kedua cara berinvestasi di atas.

Penutup

Bisa mengambil kesimpulan dari dua ilustrasi di atas? Kemudian bisakah anda mengambil pelajarannya?

Pelajarannya, jika SDM kita saat ini masih rendah, maka Investasi terbaik untuk masa depan yang kita lakukan saat ini adalah investasi di bidang ilmu pengetahuan. Karena dengan ilmu pengetahuan yang tinggi, kita akan dapat meningkatkan kualitas dan tentunya potensi pendapatan.

Dengan penghasilan yang tinggi, baru anda berinvestasi menyimpan uang di bank dalam bentuk deposito, beli mas, beli saham, atau beli property dan lain-lain.

Demikian artikel Investasi terbaik untuk masa depan kita kali ini, semoga bermanfaat.

Baca artikel lain kami di : Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram