Prensa CDP

Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram

prensacdp.com – Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram. Ada seorang pedagang yang tinggal di sebuah danau yang tenang. Setiap siang sepulang dari pasar, pedagang tersebut selalu berlayar dengan perahu kecilnya ketengah danau.

Siapkan Attitude Anda.

Untuk mendapatkan pesan-pesan moral dalam cerita Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram berikut ini, persiapkan sikap anda. Bacalah sampai tuntas artikel Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram ini. Bahkan kalau bisa, bacalah beberapa kali sampai anda memahami maksud ceritanya. Dengan demikian anda dapat memetik hikmahnya untuk bekal perjalanan hidup anda. Selamat membaca.

Danau Yang Tenang

Seperti biasa setelah menikmati makan siangnya, pedagang tersebut akan tertidur diperahu kecilnya sampai sore. Sore hari saat dia terbangun, dia akan kembali berlayar ke tepi danau dan pulang kerumah. Hal ini di lakukannya terus menerus setiap hari.

Mengetahui kesukaannya berperahu, rekan-rekannya mengajak untuk berperahu bersama. Pedagang tersebut setuju dan kemudian datang ketempat dimana mereka akan berperan bersama dengan membawa perahu kecil dan perlengkapannya.

Arung Jeram

Alangkah kagetnya sang pedagang ketika melihat sungai yang akan di arunginya, airnya amat sangat deras. Sangat berbeda dengan suasana danau dimana ia biasa berlayar.

Demikian pula dengan perahu dan perlengkapan yang dibawa rekan-rekannya, sangat berbeda dengan perahu dan perlengkapan yang ia bawa.

Ternyata rekan-rekannya mengajaknya untuk ber-arung jeram. Dia tidak mempersiapkan diri, timbul kepanikan dalam dirinya apakah dia sanggup menghadapi derasnya air. Dia mulai membayangkan bagaimana kalau saya terlempar dari perahu dan tenggelam.

Dan seperti yang dapat kita tebak, akhirnya dia mengalaminya.

Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram

Teman-teman pembaca Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram, danau yang tenang menggambarkan sebuah situasi dimana tidak terjadi persaingan, tidak ada target yang dikerja, tidak ada perubahan yang terjadi, semuanya tetap sama setiap hari setiap waktu.

Anda dapat tidur di danau yang tenang selama berjam-jam dan kemudian bangun kembali dan mendapati diri Anda masih di tempat yang sama.

Mungkinkah Anda ‘tertidur’ saat ikut arung jeram?. Kehilangan fokus sebentar saja kemungkinan besar anda akan terlempar ke air.

Apa yang akan terjadi jika Anda berada pada situasi arung jeram tetapi memakai paradigma seperti di danau yang tenang?

Kemungkinannya adalah sama, anda akan terlempar dan tenggelam…

Seperti apakah situasi bisnis Anda?

Apakah seperti Danau tenang? atau Arung Jeram?

Apa jadinya jika persiapan dan sikap anda seperti akan ke danau yang tenang. Sementara yang akan anda hadapi adalah situasi arung jeram?

Hasilnya bisa berupa hilang sikap, frustasi, omzet menurun, panik dan tidak tahu apa yang harus di lakukan.

Teman-teman pembaca Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram, pastikan bahwa paradigma anda, sikap anda, pas dengan situasi dimana anda berada.

Pastikan bahwa ‘peta’ anda pas dengan ‘teori’ dimana anda berada. Pastikan bahwa persiapan anda pas dengan situasi yang akan anda hadapi.

Hanya dengan cara inilah anda bisa menghindari frustasi dan menikmati hidup anda menikmati ‘pelayaran’ anda.

Pesan Moral

Apa pelajaran dari cerita Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram di atas? Melihat situasi tersebut, ada beberapa hal yang menjadi pesan moral kita.

Jangan terlena di zona nyaman

Jangan biarkan diri anda terlena di zona nyaman, sebab kita tidak pernah akan tahu seperti hari esok, akan ada perubahan apa.

Seperti kisah pedagang yang di ceritakan di atas, karena sudah merasa nyaman berperahu di danau yang tenang. Dia bahkan bisa tertidur pulas sampai sore hari tanpa ada yang menggangu atau menyulitkan.

Banyak dari kita terjebak dalam zona nyaman. Mengira segalanya sudah aman, dapat pekerjaan dengan dan gaji tetap sudah merasa aman walaupun gajinya hanya UMR.  Tidak mau menabung, tidak mau mencari penghasilan tambahan.

Sampai satu ketika di perusahaan terjadi pengurangan pegawai dan salah satu yang PHK adalah dia.  Di situasi itu baru terjadi kepanikan dan timbul penyesalan mengapa dulu saya tidak mempersiapkan diri.

Persiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan.

Bagaimana jika di dalam kehidupan anda yang tadinya semua serba lancar, bisnis anda lancar dan keadaan keuangan anda bagus. Tiba-tiba situasi mengalami perubahan yang drastis 180 derajat.

Bisnis anda yang tadinya lancar-lancar saja tiba-tiba mengalami kerugian akibat pandemic atau krisis ekonomi. Tabungan anda yang tadinya banyak tiba-tiba terus menerus anda tarik untuk biaya hidup dan saldo semakin berkurang.

Persiapan apa yang sudah Anda miliki? Dalam situasi seperti ini kita baru menyadari akan pentingnya persiapan.

Teman-teman pembaca Inspirasi Kehidupan Tentang Danau Tenang vs Arung Jeram, mari kita persiapkan diri kita mulai sekarang. Saat ini dunia mengalami perubahan yang sangat signifikan. Sejak adanya pandemic virus Covid-19 yang melanda dunia, kita bisa rasakan perubahan terjadi di segala lini kehidupan.

Pertanyaan terbesar kepada diri kita sendiri, mampu kah saya menghadapi perubahan ini? Apakah yang harus saya lakukan? 

Demikian artikel Inspirasi Danau Tenang vs Arung Jeram kali ini. Artikel ini di dedikasikan terutama untuk temen-temen yang sedang berproses di industri bisnis direct selling. Semoga bermanfaat, semoga proses kalian segera membuahkan keberhasilan.