Prensa CDP

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales

Prensacdp.comInilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales. Anda tentu ingin menjadi sales dengan penjualan yang laris manis bukan? Untuk itu di butuhkan skill atau kemampuan yang unggul. Ada dua macam skill yang Anda butuhkan sebagai seorang sales, yaitu hard skill dan soft skill.

So apa itu soft skill?

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales

Ada banyak pendapat ahli tentang apa itu soft skill. salah satunya adalah menurut Berthal (dalam Muqowim, 2012: 5),  soft skills diartikan sebagai perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia.

Sederhanyanya, Soft skill adalah kemampuan dari dalam untuk mempengaruhi orang. Sebuah riset menunjukkan bahwa sikap “attitude”, 89% mempengaruhi closing, sedangkan sisanya 11% di tentukan oleh kemampuan teknis.

Berapa banyak seorang sales yang memiliki kemampuan knowledge produk yang bagus tidak bisa closing karena sikapnya yang kurang bagus. Akan tetapi ada seorang sales yang memiliki kemampuan knowledge biasa-biasa saja, bisa closing karena sikapnya yang bagus.

Di sinilah pentingnya memiliki soft skill. Apa saja soft skill itu? Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales. Ilmu ini penting untuk Anda seorang sales atau yang bergerak di industri bisnis direct selling. Yuk. di simak…

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales

Berikut Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales harus Anda kuasai sehingga Anda bisa menjadi seorang sales dengan penjualan yang sangat laris.

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales

Kemampuan membangun relasi dengan cepat

Kita bahas tentang Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales materei pertama yaitu “kemampuan membangun relasi dengan cepat”

Kemampuan membangun relasi dengan cepat mencakup membangun rasa percaya secara natural dan menunjukkan ketulusan dalam menjalin hubungan baik. Kita tidak perlu mempunyai rapor yang luar biasa dalam penjualan.

Pertanyaannya………..  Apakah Anda tulus atau tidak dalam melakukan penjualan. Ketika Anda tulus dalam penjualan, orang akan suka dengan kita. Di bandingkan dengan orang yang mempunyai kepentingan tersembunyi.

Kemampuan Set Expectasi

Adalah kemampuan Anda dalam memberikan arahan kepada prospek atau calon pelanggan Anda agar apa yang di jual atau di presentasikan di rasakan profesional. Ada orang yang tidak bisa melakukan set ekspektasi, seperti menjanjikan berlebihan kepada prospek. Semua serba bisa terlihat seperti janji surga atau “PHP”, Dan ini bisa membuat orang tidak respek atau tidak percaya kepada Anda.

Berempati

Menurut wikipedia Empati didefinisikan sebagai respons afektif dan kognitif yang kompleks pada distres emosional orang lain. Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain.

Kemampuan ini bisa kita peroleh dari membaca raut wajah orang, atau dari obrolan atau pembicaraan yang di bangun. Ketika Anda mampu memberikan rasa empati kepada prospek, Anda akan orang yang pertama dalam pertimbangan mereka ketika Anda tawarkan suatu produk. Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales.

Mengantisipasi Kebutuhan

Adalah kemampuan membuat perhitungan terhadap hal-hal yang belum terjadi. Dengan kemampuan ini berarti juga seseorang telah mununjukkan nilai “value” dirinya atau perusahaan yang di wakilinya.

Ketika prospek yang kita tawarkan suatu produk ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan atau ekspektasinya, kita harus mampu memberikan alternative penawaran produknya lainnya. Sehingga prospek tetap dapat di layani kebutuhannya.

Seperti itulah kemampuan mengantisipasi kebutuhan.

Kemampuan Menampilkan Diri

Kemampuan untuk menampilkan diri “atraction” maksudnya adalah Anda harus mampu menampilkan diri sebagai orang yang dapat di percaya. Dari cara berpikir, dari cara bicara, dari cara berpenampilan, dari cara menyampaikan pendapat, dari status facebook Anda, dan lain-lain.

Status Anda di media sosial akan di lihat banyak orang termasuk prospek Anda. Kalau status Anda banyak mengeluh orang tidak akan menyukai Anda. Tetapi kalau status Anda banyak menampilkan hal-hal positive, orang akan menyukainya. Karena hal-hal yang positive seperti semangat anda dan kata-kata anda bisa memberikan inspirasi dan menularkan semangat kepada orang lain.

Seorang sales profesional tidak menjual company, tapi menjual dirinya, jadi seorang sales harus ber-investasi di dirinya sendiri.

Fleksibilitas

Fleksibilitas adalah kemampuan seorang sales untuk membaca situasi, dan mau merubah sikap atau perilaku. Anda harus mampu menyesuaikan diri, mampu membuat orang yang tadinya komplain menjadi menjadi ikut saran Anda.

Mampu membuat keberatan menjadi pemakluman. Misalkan pelanggan tadinya keberatan karena produk Anda harganya mahal.

Prospek : Wah. sori mas.. produk Anda harga mahal sekali, gak jadi ah saya beli..

Anda : Begini bu, tahu gak, kenapa produk kita mahal? karena bahan bakunya impor, kemudian kualitasnya di jaga dengan baik. sehingga harganya sedikit tinggi di banding yang lain. Menurut saya tidak terlalu mahal lah, karena kualitasnya di jamin ibu.

Prospek : Oooo pantas,

Kemampuan Mengungkap

Seorang sales yang bagus pasti tidak langsung menjual. Tapi di mulai dengan menggali informasi dari prospeknya. Dia harus bisa menggali, mengungkap latar belakang dan kebutuhan prospek terlebih dahulu.

Biasanya di buat dalam daftar pertanyaan : Ibu keluahan kesehatannya apa sih ibu? Riwayat penyakit apa yang pernah ibu alami? Bagaimana pola makan ibu selama ini? Apakah ibu rutin berolah raga? dan lain-lain.

Dengan pertanyaan-pertanyaan itu, Anda semakin mengetahui keadaan dan kebutuhan ibu tadi. Selanjutnya Anda lebih mudah untuk menjelaskan produk Anda.

Kemampuan Menyimpulkan

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales, kita bahas soft skill “kemampuan menyimpulkan”

Maksudnya adalah kemampuan Anda untuk membuat sesuatu yang kompleks menjadi sederhana. Sederhana untuk di bahasakan. “Oh Ibu kalau produk kita berdasarkan bahan baku alami”

Belum tentu semua level akan mengerti apa yang kita sampaikan. Jadi kemampuan menyimpulkan dan dimengerti oleh semua kalangan akan memudahkan Anda untuk diterima.

Kemampuan Bercerita

Dalam presentasi 63% prospek lebih suka mendengar cerita dibandingkan dengan data-data atau teknis. Anda harus bisa cerita, anda harus tahu bagaimana cara bercerita.  Kemampuan Anda bercerita sangat penting, jika Anda ingin memiliki kemampuan soft selling yang bagus.

Jangan cerita tentang berita artis siapa yang punya skandal, tapi bercerita tentang hal yang berhubungan dengan produk anda tentunya.

Cross Selling

Sekarang kita bahas Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales materei yang terakhir.

Adalah kemampuan untuk memahami kebutuhan lain dari prospek Anda. Dengan komunikasi dan kepandaian anda mengajukan beberapa pertanyaan, Anda akan bisa mengetahui prospek Anda juga butuh ini, butuh itu.  Dengan demikian Anda bisa menawarkan produk lain.

Misalnya, selain keluhan lambung, apakah ada keluhan lain ibu?  Oh iya, saya suku kesemutan di kaki saya.

Anda bisa menebak, selain ibu ini mengalami masalah pencernaan, kemungkinan ibu ini juga menderita penyakit asam urat.

Anda perlu melatih kemampuan ini secara terus-menerus.

Penutup

Demikian artikel kita. Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales yang harus Anda kuasai. Anda harus melatihnya secara terus menerus, sehingga Anda benar-benar mampu menguasainya.

Dengan demikian harapan Anda untuk menjadi seorang sales penjualan yang terbaik tentunya mudah untuk Anda raih.

Sekali lagi.

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales yang harus Anda kuasai.

Inilah 10 Soft Skill Untuk Jadi The Best Sales