Prensa CDP

8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling

Prensacdp.com – 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus Anda kuasai, jika Anda ingin berhasil dalam bisnis direct selling atau penjualan langsung. Banyak orang yang terlibat industri bisnis ini, namun tidak sedikit yang belum berhasil.

Mengapa?

Karena kebanyakan mereka salah dalam melangkah. Sehingga mereka tidak pernah mencapai tujuannya. Mereka tidak mengerti apa langkah-langkah yang harus di ambil untuk menjadi sukses di bisnis direct selling ini.

Apakah Anda juga orang yang salah langkah? atau bahkan belum tahu langkah apa yang harus di lakukan. Berikut kita akan berbagi artikel tentang hal tersebut yaitu, 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling

8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling

Bagi Anda yang menekuni industri direct selling pastikan sudah pernah mendengar materi ini. Tapi sayangnya belum begitu disiplin untuk menerapkannya. Yuk kita ulangi di sini.

Atau Anda yang memulai untuk terjun di industri bisnis direct selling, baik yang bergabung di organisasi direct selling atau yang berdiri sendiri alias independent. Artikel berikut ini bisa menjadi referensi Anda dalam menjalankan bisnis Anda.

Apa saja ke 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling itu? berikut penjelasannya

Pertama, Attitude

Attitude adalah SikapSikap seperti apa? sebelum lanjut, kita mungkin perlu sedikit mengerti dan memahami apa itu sikap? Menurut Wikipedia.com Sikap adalah pernyataan evaluatif terhadap objek, orang atau peristiwa. Hal ini mencerminkan perasaan seseorang terhadap sesuatu.

Bagaimana perasaan Anda dengan bisnis direct selling yang sedang anda jalani? Apakah Anda masuk ke bisnis ini dengan total? menyenangi?

Kemudian bagaimana Anda menyikapi bisnis Anda? Nah. di dalam langkah pertama dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus anda kuasai adalah sikap Mental Yang Teguh.

artinya? Anda harus memiliki sikap mental yang teguh? yaitu tidak mudah menyerah, tidak mudah putus asa, selalu gigih memperjuangkan bisnis sampai berhasil dan tidak akan berhenti sebelum Anda mencapai kesuksesan.

Memiliki Sikap yang Teguh adalah langkah pertama yang Anda perlukan. 

Kedua, Commitmen & Disiplin

Langkah kedua dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus anda kuasai adalah komitmen dan disiplin.

Komitmen adalah setia menjalankan apa yang sudah di rencanakan, setia menjalani prosesnya sampai mencapai keberhasilan.

Misalnya Anda ingin mencapai jabatan manager di perusahaan direct selling yang Anda ikuti. Dan Anda diberitahu bahwa waktu yang harus Anda lalui untuk menjadi manager tersebut adalah 3 tahun. Ketika Anda mampu menjaganya selama 3 tahun sampai anda benar-benar menjadi manager, itulah “komitmen”.

Sedangkan disiplin adalah melakukan apa yang harus dilakukan yang sudah menjadi SOP walaupun kita tidak menyukainya.

Contoh, untuk berproses menjadi seorang manager, Anda harus melakukan tugas, datang ke kantor jam 7 pagi, kelapangan menemui calon customer 50 orang per hari. Mungkin Anda tidak menyukai untuk melakukannya, tapi ketika Anda tetap melakukannya sampai anda benar-benar menjadi manager, itulah “disiplin”.

Ketiga, Persiapan

“Be organized plan ahead and prepare for the negative you will face”. Terorganisasilah, rencanakan dahulu dan persiapkan diri untuk hal-hal negative yang akan Anda hadapi.

Sangat jelas ya.. Persiapan adalah langkah berikutnya yang sangat penting Anda perhatikan, jangan sampai di abaikan.

Seperti apakah persiapan diri itu?

Persiapan mental, seperti Anda bersiap menghadapi hari yang lesu, orang-orang yang tidak bergairah, customer yang menolak Anda dan lain-lain. Anda harus siap untuk hal-hal semacam itu. Persiapan teknik/fisik, seperti kebugaran fisik Anda, pakaian, alat-alat kerja di lapangan, alat transportasi anda menuju teritori, dan lain-lain. Anda juga harus siap untuk hal tersebut.

Pokoknya, persiapan yang baik adalah 50% dari keberhasilan Anda. Jadi, langkah ketiga dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus anda kuasai adalah “Persiapan”.

Keempat, Investasikan Waktu Anda Sehari Penuh

Realitislah, Anda tidak akan punya uang jika tidak bekerja sehari penuh. Ya sangat betul sekali. Bagaimana mungkin Anda akan memiliki uang jika Anda tidak bekerja sehari penuh.

Jika Anda adalah seorang direct selling tunggal (anda tidak ikut dalam sebuah organisasi yang memberikan sistem jenjang karir}, maka sapanjang waktu Anda harus memberikan waktu anda sehari penuh.

Namun jika Anda masuk dalam sistem organisasi direct selling management training, (dimana ada sistem jenjang karirnya), maka investasi waktu sehari penuh perlu Anda lakukan di awal-awal proses saja.

Tapi kita sepakat bahwa salah satu langkah kesuksesan di bisnis ini adalah Investasikan Waktu Anda Sehari Penuh. Ya.. itu sangat realistis. Itulah langkah keempat dari dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus anda kuasai.

Kelima, Work Territoty Correctly | WTC

“Work Territoty Correctly (WTC)” atau jelajahilah seluruh wilayah. Temuilah orang sebanyak mungkin untuk mencapai target. Jangan membuat alasan untuk hal tersebut. Percuma Anda menginvestasikan waktu sepanuh hari, jika Anda menjelajahi sedikit wilayah atau Anda hanya menemui sedikit orang.

Ketika Anda melakukan langkah ini, yaitu WTC, jangan memilih-milih wilayah, sisirlah wilayah dengan rapi dan tanpa ada yang di lewatkan. Gunakan hukum rata-rata yaitu semakin banyak yang di temui semakin banyak peluang untuk berhasil.

Intinya, pastikan wilayah yang Anda datangi tidak sia-sia. Jadi tepat sekali langkah kelima ini yaitu, “Work Territoty Correctly (WTC)” atau jelajahilah seluruh wilayah

Keenam, Jagalah Mental Anda

Every “No” brings you closer to a “YES”, setiap jawaban “Tidak” membawa Anda lebih dekat ke jawaban “Ya”.

Ketika Anda sering mendapat jawaban No atau Tidak dari calon pelanggan Anda. Bagaimana sikap mental Anda? apakah Anda terganggu? apakah Anda mulai ragu dengan kemampuan Anda? Apakah Anda ingin menyerah dan berhenti melakukannya?

Kebanyakan dari “pecundang” akan melakukannya. Tapi tidak dengan Anda. Anda pasti kuat bertahan. Anda pasti mampu menjaga mental Anda. Di langkah ke enam ini, Anda di tuntut untuk menjaga mental Anda. Anda harus bisa melakukannya.

Kunci untuk bisa menjalani langkah ke enam ini adalah, Anda harus lulus menjalankan langkah pertama hingga langkah ke lima. Benar sekali, bahkan ketika Anda benar-benar selesai dengan langkah 1 sampai langkah 5, langkah ke 6 ini sangatlah ringan.  Menjaga mental agar tetap teguh adalah hal yang sangat ringan.

Sejauh ini, Anda sudah menjadi orang yang tangguh, jagalah mental Anda, terus menerus. Anda siap menuju langkah ke tujuh.

Ketujuh, Kesadaran dan Fokus

Know why you are here and where you are going” Menyadari mengapa Anda disini dan dimana Anda akan menyusun target dan fokus Anda untuk hari ini dan untuk masa depan Anda.

Mengapa Anda ada di industri bisnis ini? Apakah Anda sudah menyadarinya?

Apakah Anda menginginkan atau mempunyai impian sebagai berikut? :

  • Memiliki Rumah
  • Memiliki Mobil
  • Mampu membiayai anak-anak sekolah terbaik
  • Membiayai hidup orang tua
  • Pergi Beribadah ke tanah suci
  • Pergi berlibur ketempat-tempat yang di sukai
  • Ingin membantu orang lain yang tidak mampu
  • dan lain-lain
8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling
Rumah Impian

 

Pastikan bahwa Anda berada di bisnis ini untuk hal-hal tersebut di atas. Itulah yang dimaksud dengan kesadaran di bisnis ini.

Lalu, ketika Anda telah menyadari bahwa kesuksesan di bisnis ini begitu penting bagi Anda dan orang-orang tercinta. Anda akan fokus menyusun target untuk mencapai impian tersebut. Maka pastikan Anda menyelesaikan langkah ketujuh dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling ini. Kesadaran dan Fokus. 

Kedelapan, Take Control

Langkah terakhir dari 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling yang harus anda kuasai adalah “Take Control” Kendalikan pelanggan Anda, hari Anda dan Impian Anda.

Kendalikan pelanggan Anda, pastikan Anda mampu mencapai target-target Anda dengan cara bagaimana Anda mengendalikan pelanggan Anda. Bagaimana Anda bisa mempengaruhi pelanggan untuk menjadi konsumen setia Anda. Bagaimana Anda bisa melakukannya dengan kemampuan atau skill komunikasi (5 langkah komunikasi direct selling) yang sudah Anda kuasai. Jadi Take Control of Your Customer.

Kendalikan hari Anda, jangan sampai Anda lepas kendali, hilang sikap, tidak konsisten, yang membawa Anda jauh dari pencapaian. Pastikan setiap hari Anda excited, berprestasi dan membawa hasil gemilang ke kantor Anda. Take Control your days.

Kendalikan impian Anda, Impian Anda harus Anda wujudkan, apa yang sudah Anda targetkan harus Anda capai, jangan biarkan impian Anda bias dan pudar begitu saja. Ambil kendali take control your dreams.

Bagaimana Menunjang Keberhasilan 8 Langkah Sukses

Direct Selling atau Penjualan Langsung

Hal-hal yang harus di ingat !

Untuk menunjangkan keberhasilan menjalankan 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling di atas, ada hal-hal yang harus di ingat! yaitu :

Waktu adalah uang – Uang adalah waktu

Pergilah ke daerah (teritori) yang telah Anda pilih, Jika Anda tidak pitching, anda tidak menghasilkan uang.

Praktekkan Hukum Rata-Rata

Setiap jawaban “TIDAK” membawa Anda lebih dekat ke jawaban “YA” atau dari setiap 10 orang yang Anda temui, akan ada 1 orang yang membeli dari Anda.

Jangan Pernah Melewati Pintu

Anda tidak akan pernah tahu siapa pelanggan Anda berikutnya. Melewati pintu berarti Anda mengabaikan hukum rata-rata Anda.

Bersiaplah

Untuk jawaban “TIDAK” Untuk daerah anda yang sudah pernah melihat produk yang Anda tawarkan sebelumnya. Untuk setiap masalah yang akan datang dan bersiaplah untuk mencari solusinya.

Jangan Pernah Tinggalkan Daerah Anda

Hari Anda didasarkan pada 8 jam kerja. 90% penjualan dilakukan dalam 3 jam terakhir dalam satu hari.

Tidak ada yang namanya daerah yang buruk, hanya ada kebiasaan kerja yang buruk, yang akan mengakibatkan penjualan yang lesu.

Gunakan Rasa Takut Akan Kehilangan

Jangan pernah takut untuk pergi dari orang yang sudah menawar atau yang memberikan anda kesulitan. Jika mereka benar-benar menginginkannya mereka akan membelinya segera setelah Anda beranjak pergi.

Gunakan Faktor Keserakahan

Kebanyakan orang akan takut untuk menjadi pembeli pertama Anda, tapi jika ada seseorang yang membeli satu, maka dapat dipastikan semua akan menginginkan apa yang orang tersebut punya. Gunakan permainan nama, tetangga sebelah, boss Anda baru saja membeli, sisa produk tinggal sekian lagi.

Jangan hanya kerja disatu daerah, beradaptasilah, urus dan atasilah hal-hal yang Anda hadapi.

Penutup

Demikian artikel 8 Langkah Sukses Bisnis Direct Selling ini sebagai bermanfaat.

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

Anda juga mungkin perlu membaca5 Langkah Komunikasi Direct Selling