Prensa CDP

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

Prensacdo.com -5 Langkah Komunikasi Direct Selling . Setiap orang yang menekuni bisnis direct selling pasti menginginkan dirinya untuk sukses. Berharap untuk bisa menjadi seorang penjual dengan menciptakan omzet yang besar. Mampu memenuhi target-target yang di tetapkan oleh perusahaan terhadap dirinya.

Namun, tidak semua orang mampu mewujudkan keinginannya untuk menjadi seorang penjual yang sukses. Karena untuk menjadi seorang penjual yang hebat, seseorang harus mampu membuktikan pencapaian-pencapaian yang hebat.

Nah, untuk mampu membuktikan pencapaian herbat tersebut Anda harus menguasai skill atau ketrampilan tertentu. Seperti apa keahlian atau ketrampilan yang harus di miliki oleh seorang penjual agar dirinya berhasil menjadi penjual terbaik?. yaitu.

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

5 Langkah komunikasi atau sering juga di sebut 5 langkah presentasi adalah langkah yang harus di lakukan oleh seorang penjual. Untuk menjadi seorang penjual terbaik, langkah-langkah ini harus di kuasai.

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

Apa saja 5 langkah komunikasi direct selling tersebut?

Langkah Pertama, Pembukaan

Ketika Anda mengawali hari untuk mulai kegiatan penjualan (pitching), Anda akan bertemu dengan orang-orang sebagai calon customer Anda. Dalam pertemuan pertama inilah kita membutuhkan jembatan agar kita dapat berkomunikasi dengan calon customer.

Langkah awal ini di sebut dengan pembukaan atau “introduction”. Hal-hal yang di lakukan di langkah pembukaan ini, pakailah prinsip-prinsip berikut ini :

Senyum, orang-orang yang memulai sesuatu dengan tersenyum cenderung lebih mudah di terima. Terapkan prinsip ini agar Anda mudah akrab dengan calon customer Anda.

Kontak mata, Setelah Anda akrab gunakan prinsip kontak mata agar Anda bisa mengambil kendali dan kontak mata akan menjelaskan berbagai hal tanpa harus ada pembicaraan. Dengan melakukan kontak mata saat berbicara, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah ditangkap. Selain itu, saat melakukan kontak mata, itu akan mendapatkan perhatian dari seseorang yang akan diajak bicara.

Excitement, arti kata excitement adalah kegembiraan. Jadi ketika Anda melakukan “introduction” lakukan dengan penuh kegembiraan, sebab orang akan suka dengan kegembiraan dan calon customer Anda bisa tertular. Jadi Anda harus menjaga excitement Anda.

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

Langkah Kedua, Presentasi

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak hadirin atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan langkah kedua dari 5 Langkah Komunikasi Direct Selling.

Tujuan dari presentasi  ada untuk menjelaskan tentang produk dan menawarkan kepada calon customer untuk membeli produk.

Anda harus melakukan ini jika ingin menjadi penjual terbaik. Agar presentasi Anda berhasil sebaiknya siapkan diri Anda tentang knowledge dari produk yang Anda presentasikan.

Langkah Ketiga, Cerita Pendek

5 Langkah Komunikasi Direct Selling yang ke tiga  adalah  adalah cerita pendek atau “Short Stroy”. Dalam prinsip “short story” ini, gunakanlah prinsip KISS “Keep It Short and Simply” yaitu menyampaikan cerita pendek dengan jelas dan sederhana.

Biasa apa yang di sampaikan dalam menyampaikan cerita pendek tersebut? yaitu, ceritakan kekhususan “speciality” dari produk Anda, mengapa produk Anda begitu special.

Atau bisa juga Anda mengisi cerita pendek Anda dengan memanfaatkan faktor keserakahan “greed“. Naluri manusia biasanya ingin lebih dan selalu lebih, nah dengan faktor “greed: ini biasanya dapat membantu anda lebih menawarkan produk.  Selain teknik “speciality” dan “greed” tadi,

Anda juga bisa menggunakan prinsip acuh tak acuh “indifference” serta terapkan cara tergesa-gesa “sense of urgency”.

Langkah Keempat, Penutup

5 Langkah Komunikasi Direct Selling yang ke empat adalah langkah penutup. Maksud dari penutup di sini adalah “Closing” penjualan. Bagaimana cara melakukan langkah ini?

Di langkah ini tutuplah presentasi Anda dengan penuh keyakinan. Kendalikan situasi dan terapkan prinsip “takut kehilangan” agar customer segera membeli produk Anda.  Langkah ini sangat penting karena di sinilah faktor yang paling menentukan apakah Anda seorang penjual terbaik atau tidak.

Langkah Kelima, Pengulangan

Pastikan bahwa pelanggan perlu membeli kembali, karena yang lain sudah membeli produk dari Anda. Berikan ide kepada pelanggan sebagai hadiah atau bingkisan untuk anak buah, boss, keluarga, teman, rekan bisnis.

Keberhasilan dari penerapan 5 Langkah Komunikasi Direct Selling ini adalah terjadinya pengulangan order “rehash” dari pelanggan. Artinya pelanggan telah mempercayai Anda dan produk yang Anda tawarkan kepada mereka.

Inilah kunci keberhasilan Anda sebagai seorang penjual terbaik.

5 Langkah Komunikasi Direct Selling

 

Penutup

Apakah Anda ingin menjadi seorang penjual terbaik? Lakukan ke lima langkah komunikasi di atas. Anda pasti berhasil.

Saya menyaksikan di banyak perusahaan atau organisasi direct selling bahwa 5 langkah komunikasi ini bekerja dengan baik. Pelatihan direct selling dengan menerapkan langkah ini sungguh luar biasa.

Kira-kira membutuhkan waktu 3-6 bulan dengan melakukan terus menerus setiap hari, Anda akan terbentuk “skill” komunikasi tersebut di atas. Dan Anda berubah menjadi “Master Direct Selling”

Sekarang tinggal Anda terapkan.

Baca juga artikel : Winning Attitude dalam Direct Selling

 

Advertisement