Prensa CDP

Bagaimana Memulai Bisnis Training

Prensacdp.com – Bagaimana Memulai Bisnis Training – Indonesia sedang berkembang cukup pesat. Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Ketika negara bertumbuh dengan cepat, kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas pasti akan meningkat juga. Oleh sebab itu prospek bisnis training di Indonesia akan terus bagus, bahkan semakin menjanjikan dengan adanya kemajuan teknologi internet saat ini.

Bagaimana? punya rencana untuk membuat bisnis training? simak artikel berikut ini…

Bagaimana Memulai Bisnis Training Anda?

Bagaimana Memulai Bisnis Training Anda? Berikut 5 hal yang perlu Anda pikirkan terlebih dahulu :

Bagaimana Memulai Bisnis Training

Mencari Nama Brand

Brand sangat penting, merek Anda adalah persepsi atau emosi, yang dipertahankan oleh orang lain selain Anda, yang menggambarkan pengalaman total memiliki hubungan dengan Anda demikian kata “Marketers McNally and Speak”.

Maka, carilah nama brand bisnis training Anda dengan cermat dan tepat. Bayangkan bisnis training Anda akan berkembang menjadi besar. Berdiri sejajar dengan lembaga-lembaga training yang saat ini sudah besar dan terkenal.

Buat logo yang elegan dan jangan lupa daftarkan brand Anda agar terdaftar secara legal dan sah. Pendaftaran brand sangat penting untuk kepentingan hukum di kemudian hari.

Nama Brand Yang Unik

Bagaimana Memulai Bisnis Training Anda? Carilah nama brand yang unik dan mudah di ingat orang agar brand Anda mudah di kenal. Anda bisa menggunakan nama Anda sendiri atau nama lain yang bisa memancarkan kata unik dan memiliki kesan.

Pastikan Anda mempertimbangkan dengan matang pemberian nama brand Anda. Jangan asal-asalan sebab merubah nama brand di kemudian hari dapat merugikan kita sendiri.

Target Market

Selanjutnya siapa target market bisnis tranining yang Anda dirikan? Apakah anak sekolah? apakah lulusan universitas? apakah calon pegawai? atau karyawan yang sudah bekerja. Menentukan target market dan mempelajari karakteristiknya sangat penting Anda lakukan.

Saat ini target market untuk bisnis training semakin luas seiring semakin berkembangnya teknologi digital. Banyak jenis bisnis training yang dulu belum ada sekarang sudah menjamur. Demikian sebaliknya banyak juga model bisnis training yang dulunya ada, sekarang sudah punah dan tidak di relevan lagi. Misalnya saja kursus mengetik yang sudah tidak ada lagi.

Menjadi Spesialis atau Umum?

Bagaimana Memulai Bisnis Training Anda? Bagaimana menetapkan apakah bisnis training Anda akan menjadi spesialis atau generalis?.

Menjadi spesialis ataupun generalis sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda harus pandai menyiasatinya.

Anda perlu menetapkan apakah spesialis atau generalis setelah Anda melalui tahapan menentukan target market. Dimana anda bisa melakukan survey apakah yang paling di butuhkan di sekitar Anda.

Menjadi spesialis misalnya, bisnis training untuk akunting, direct selling. atau memilih generalis misalnya tentang HRD, motivasi dan lain-lain. Atau Anda menggabungkan kedua hal tersebut.

Memilih Bidang Training yang Long Life Time

Anda tentu ingin bisnis training yang Anda dirikan berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Bahkan dapat di wariskan kepada generasi penerus ketika si pendiri sudah pensiun atau tidak ada.

Kita mengenal beberapa nama besar yang sampai hari ini masih berdiri walaupun pendirinya sudah meninggal dunia. Contoh brand besar tersebut seperti Dale Carnigie Training. Bahkan brand Dale Carnigie memiliki sejarah yang cukup panjang sejak tahun 1912 dan telah berkembang di banyak negara.

Dengan kantor pusat di kota Melville, New York, Dale Carnegie Training tersebut di 50 negara bagian Amerika Serikat dan lebih dari 80 negara, berdedikasi untuk melayani komunitas bisnis di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia, Dale Carnigie Training sudah berdiri di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

Bagaimana Memulai Bisnis Training Anda? Carilah bidang training yang memiliki life time yang panjang dan ada sepanjang waktu.  Apa kira-kira bidang training yang long life time? Misalnya tentang pengembangan diri, marketing, atau bisnis direct selling management training.

Bidang-bidang tersebut memiliki life time yang panjang dan saya prediksi akan hidup sampai akhir jaman.

Penutup

Nah, demikianlah artikel kita kali ini tentang Bagaimana Memulai Bisnis Training. Semoga Anda yang ingin memulai bisnis trainingnya dapat mendapatkan inspirasinya. Informasi ini baru sebagian dari hal-hal yang perlu anda persiapkan dan pikirkan.

Kita akan bahas kembali di kemudian hari, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda.