Prensa CDP

Tanaman kendi

5 Tumbuhan Paling Langka dan Terancam Punah di Dunia

Prensacdp.com, 5 Tumbuhan Paling Langka dan Terancam Punah di Dunia – Tahukah Anda bahwa ada sekitar 391.000 spesies tumbuhan yang dikenal di dunia? Tak hanya itu, ribuan spesies baru ditemukan hampir setiap tahun. Sebagai orang yang menyukai segala sesuatu yang hijau dan tumbuh, kami pikir itu cukup keren.

Beberapa tanaman yang paling membuat kita terpesona adalah yang sangat sulit ditemukan. Banyak dari mereka membutuhkan faktor lingkungan yang tepat untuk tumbuh, dan hanya dapat berkembang di bagian dunia tertentu. Faktanya, beberapa tanaman memiliki habitat alami yang hanya berjarak beberapa mil, atau bahkan kurang.

Tumbuhan terlangka di dunia juga merupakan organisme teraneh dan terindah di Bumi. Dengan begitu banyak hal untuk dibicarakan, kami bisa melanjutkan berhari-hari—tetapi setelah sedikit pertimbangan, kami memilih lima favorit kami.

5 Tumbuhan Paling Langka dan Terancam Punah di Dunia

1. Anggrek Bawah Tanah Barat atau Western Underground Orchid

Anggrek Bawah Tanah Barat. Ini benar-benar aneh: tanaman yang menghabiskan seluruh hidupnya hidup di bawah tanah . Tapi itulah yang dilakukan Anggrek Bawah Tanah Barat di habitat rumahnya di Australia Barat, tempat ia ditemukan pada tahun 1928.

Apa yang membuat tanaman ini sangat aneh adalah karena tidak memiliki akses ke sinar matahari, ia mendapatkan energi dan nutrisi dari jamur, dan dari sapu honeymyrtle . Anggrek Bawah Tanah Barat memang berbunga, meskipun kecuali digali, bunganya tetap berada di bawah tanah dengan sistem akar. Hanya sekitar 50 tanaman aneh yang diketahui ada di enam populasi di Australia.

2. Pitcher plant Atau di sebut juga Tanaman kendi

Tanaman kendi. Jika Anda belum pernah melihat tanaman kantong semar, Anda mungkin akan sedikit terkejut dengan penampilannya. Mereka benar-benar terlihat seperti kendi dan dapat tumbuh hingga ukuran yang sangat besar. Tumbuhan dunia lain ini hanya menghuni sebagian kecil hutan hujan Amerika Selatan, dan membutuhkan tingkat curah hujan yang sangat tinggi untuk tumbuh.

Tanaman kantong semar adalah karnivora. Mereka menjebak mangsa dengan memikatnya ke tepi area kantong dengan nektar, dan permukaan yang licin menyebabkan makanan yang tidak enak jatuh. Tanaman kantong semar melanjutkan untuk menenggelamkan mangsanya, melarutkannya, dan menyerap nutrisi. Sementara mereka kebanyakan memakan serangga, tanaman kantong semar diketahui memakan mamalia kecil, termasuk tikus!

3. Jellyfish tree. Atau Pohon ubur-ubur

Pohon ubur-ubur. Tumbuh hanya di Seychelles, sekelompok pulau di lepas pantai Afrika Timur, pohon ubur-ubur memiliki salah satu habitat terkecil dari tanaman apa pun. Selama 100 tahun terakhir, itu dua kali dianggap punah, tetapi telah ditemukan kembali di alam liar.

penggemar. Pohon ubur-ubur mendapatkan namanya karena buahnya yang menyerupai ubur-ubur.

Ada masalah unik dengan pohon ubur-ubur: Bijinya tidak berkecambah di habitat aslinya. Dengan demikian, para peneliti tidak pernah menemukan tanaman muda, dan populasi saat ini mungkin 80 tanaman sudah cukup tua. Untungnya, ahli botani telah berkecambah benih dalam kondisi lembab buatan, tetapi masih harus dilihat apakah mereka akan tumbuh lagi secara alami.

4. Corpse flower. Atau Bunga Bangkai

Bunga Bangkai. Meskipun namanya tidak senonoh, bunga bangkai cukup khas dan indah, namun sayangnya memancarkan aroma yang banyak digambarkan sebagai berbau seperti pembusukan. Bunga bangkai juga berukuran besar—seluruh tanaman bisa mencapai tinggi 20 kaki dan lebar hampir 16 kaki—dan hanya tumbuh secara alami di dua wilayah kecil di Indonesia. Spesimen besar dapat memiliki berat ratusan pon.

Salah satu aspek yang paling menarik dari bunga bangkai adalah dapat memakan waktu hingga satu dekade untuk mekar . Mekar berikutnya datang pada interval yang tidak teratur, dengan beberapa bunga terus mekar hanya sekali setiap tujuh sampai sepuluh tahun. Ketika Anda menganggap bahwa bunga bangkai hanya memiliki jendela penyerbukan sekitar satu atau dua hari, mudah untuk melihat mengapa tanaman ini sangat langka.

5. Wood’s cycad atau Sikas kayu

Sikas kayu. Sikas Kayu sangat mungkin merupakan tanaman paling langka dalam daftar ini . Para ilmuwan percaya itu benar-benar punah di alam liar, tetapi ada spesimen yang hidup di beberapa kebun raya di seluruh dunia. Semua tanaman hidup adalah klon yang tumbuh dari kliping yang diambil dari beberapa spesimen yang masih hidup yang dikumpulkan oleh para peneliti pada awal abad ke- 20.

Sebagai penduduk asli Afrika Selatan, sikas Wood terlihat seperti pohon palem yang cukup khas. Memiliki batang yang lebar, kokoh, dan dapat tumbuh setinggi 20 kaki. Sementara sikas Wood memang memiliki varietas jantan dan betina, tanaman betina tidak pernah ditemukan, sehingga mereka tidak dapat berkembang biak secara alami kecuali jika ditemukan. Inilah harapan para ahli botani menemukan satu suatu hari nanti sehingga kita dapat melihat seperti apa tanaman betina itu!

Jika Anda belum menyadarinya, kita bisa menjadi sangat bersemangat tentang tanaman langka. Tetapi kami juga berharap bahwa banyak dari tanaman ini tidak akan tetap langka selamanya, dan karena upaya konservasi, mereka akan sekali lagi memiliki populasi yang berlimpah dan semarak. Melindungi ekosistem dunia kita yang rapuh tidak pernah sepenting ini—dan kami berharap daftar ini membantu membuktikannya.

Penutup

demikianlah artikel tentang 5 Tumbuhan Paling Langka dan Terancam Punah di Dunia semoga bermanfaat dan menambah pengetaguan kalian.
jangan lupa untuk selalu bookmark website kita atau follow Ig kita agar selalu mendaptkan Artikel terbaru,

Advertisement