Prensa CDP

3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis

Prensacdp.com – 3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis. Modal adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Bagi para entrepreneur, keyakinan serta tekad yang kuat akan menunjang dalam mencari modal keuangan.

Beberapa jenis modal dalam ilmu bisnis terbagi sebagai berikut :

  • Modal awal sebagai investasi awal.
  • Modal kerja untuk menjalankan bisnis yang akan di lakukan
  • Modal Operasional.

Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis

3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis

Seringkali semangat yang berkobar untuk memulai bisnis tertahan oleh modal awal yang tak kunjung terkumpul. Hal ini banyak di alami oleh mereka yang mau memulai bisnis.

Misalnya, modal untuk memulai bisnis training edukasi atau pendidikan membutuhkan uang Rp. 25 juta, tetapi dana yang tersedia hanya Rp. 5 juta. Lalu apa yang harus di lakukan? Kemana harus mencari sisa kekurangan modal yang di butuhkan? Banyak dari mereka belum menemukan 3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis mereka.

Untuk sebagian orang, ketidakcukupan modal tersebut bisa menjadi kendala, bahkan bisa membatalkan cita-citanya untuk memulai bisnis.

Berikut ini ada beberapa cara untuk memperoleh modal usaha dalam memulai bisnis.

Modal Sendiri

3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis yang pertama yaitu modal sendiri. Modal sendiri atau self financing adalah aset atau simpanan yang Anda miliki. Modal dapat berupa deposito, tabungan, perhiasan, emas atau barang berharga lainnya.  Sewaktu-waktu anda dapat menjualnya untuk menjadi atau menambah modal bisnis.

Jangan segan-segan untuk menggunakan aset anda demi kepentingan bisnis. Memang, ada resiko bisnia yang perlu di hadapi ketika kita memutuskan untuk memulai bisnis. Namun dengan pertimbangan dan perhitungan yang matang, menjalankan bisnis bisa merupakan sebuah investasi yang mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda.

Modal Asing atau Modal Orang Lain

3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis yang kedua adalah modal asing atau modal orang lain. Modal asing adalah modal yang di peroleh dari pihak ketiga. Modal ini bisa di peroleh dengan cara pinjaman dari personal maupun dari lembaga keuangan. Melalui personal misalnya pinjam modak kepada teman, orang tua, mertua atau kepada siapa saja yang bersedia. Istilah ini sering di sebut “Angel Investor”

Jika memutuskan meminjam modal dari pihak personal, ada baiknya perjanjian di buat di depan notaris agar di kemudian hari tidak terjadi permasalahan yang mengganggu hubungan silahturahmi.

Modal pinjaman melalui lembaga keuangan, misalnya, pinjaman atau utang dari lembaga kredit seperti bank yang dikenal dengan istilah “debt financing”.

Kredit yang ditawarkan oleh bank dapat berbentuk jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang.  Pada umumnya pemberian kredit oleh bank didasarkan atas hasil hasil penilaian terhadap permohonan peminjam dari segi penggunaan kredit serta rencana pembayaran, riwayat perusahaan, dan besarnya jaminan yang dapat diberikan kepada bank.

Saat ini pemerintah sedang menghidupkan kembali ekonomi setelah mengalami krisis akibat adanya pandemic virus covid-19.  Berbagai kemudahan di berikan seperti bunga kredit yang lebih ringan.

Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan modal bisnis.

Dapat Modal dengan Cara Bekerjasama

3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis yang ketiga adalah dengan cara bekerjasama. Pola kerja sama sering di ambil sebagai jalan tengah memulai bisnis karena pola ini memiliki resiko kecil. Namun demikian karena resiko kecil keuntungan yang di peroleh juga relatif tidak besar.

Untuk menarik perhatian rekan bisnis, Anda perlu membuat sebuah proposal perencanaan investasi bisnis yang disebut business plan. Proposal business plan harus disajikan semenarik mungkin sehingga mereka akan percaya untuk menanamkan modalnya.

Yakinkan bahwa bisnis Anda sangat potensial untuk di kembangkan dan yakinkan pula calon partner kerja anda akan mendapat pengembalian investasi yang memuaskan.

Untuk pembagian keuntungan atau profit sharing, hendaknya di sampaikan se-obyektif mungkin tanpa ada yang di sembunyikan. Sampaikan secara transparan dan apa adanya, agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan kerjasamanya juga berjalan panjang.

Kejujuran dan kepercayaan merupakan kunci keberhasilan dalam bekerja sama dengan rekan bisnis Anda.

Bentuk kerja sama atau kolaborasi bisnis saat ini menjadi alternatife atau pilihan banyak orang yang memulai bisnis. Selain resikonya kecil. model bisnis kolaborasi ini juga memungkinkan untuk mengkombinasikan kemampuan atau skill masing-masing mitra.

Misalnya mitra yang satu ahli di bidang produksi atau manajemen, bisa jadi mitra yang satunya lagi adalah orang yang luas jaringan bisnisnya sehingga cocok untuk mengurusi masalah marketing.

Cari Mitra Bisnis yang Capable dan Cooperative

Selain memiliki beberapa kelebihan, cara kerjasama juga mempunyai resiko negative seperti ketidak cocokan. Perbedaan prinsip dan cara pandang juga sering menjadi kendala orang dalam bekerja sama.

Oleh karena itu jika memutuskan bekerjasama, carilah partner bisnis yang benar-benar sesuai dengan kriteria anda. Carilah orang yang “capable” atau orang memiliki kemampuan. dan yang dapat bekerjasama “cooperative”.

Penutup

Demikian artikel kita kali ini yang membahas tentang 3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis. Ketiga cara untuk mendapatkan modal di atas adalah berdasarkan pengalaman penulis saja.

Mungkin saja masih banyak cara lain  untuk mendapatkan atau memperoleh modal bisnis. Temen-temen bisa mencari tahu lagi.

Semoga bisa menjadi tambahan ilmu buat pembaca prensacdp.com. Terima kasih telah membaca artikel 3 Cara Mudah Memperoleh Modal Bisnis ini, salam sukses selalu.