Prensa CDP

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis

Prensacdp.com – 7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang perlu di perhatikan. Bagi Anda yang ingin berbisnis, persiapkanlah semuanya dari awal. Kegagalan kerap kali terjadi di awal tahun pertama sehingga di perlukan strategi yang solid dalam menangani aspek bisnis jangka pendek. Kemudian, fokus pada masa depan untuk merencanakan pengembangannya.

Oleh karena itu, memulai bisnis membutuhkan kesabaran dan waktu yang tidak sedikit untuk mencapai kesuksesan. Resiko bisnis besar atau kecil akan selalu ada, tetapi jangan menyerah! Tetap cermati setiap problematika yang ada dalam dunia bisnis.

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis

Beberapa aspek dalam perencanaan bisnis untuk mempersiapkan bisnis adalah sebagai berikut :

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis

Aspek Teknologi Informasi

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang pertama adalah Aspek Teknologi Informasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada baiknya memanfaatkan hal tersebut secara maksimal untuk mencari informasi dan referensi sebanyak-banyaknya mengenal bisnis yang Anda pilih.

Ikuti terus perkembangan praktik-praktik bisnis dengan cara googling atau browsing di internet ataupun belajar dari perusahaan lainnya. Saat ini banyak sekali perusahaan yang berkembang pesat dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terutama strategi marketing yang menggunakan teknologi digital, seperti banyaknya penawaran jasa “Digital Marketing” dalam sistem pemasaran.

Aspek Pasar

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang kedua adalah Aspek Pasar.

Pelajari dan lakukan penelitian terhadap tren yang berkembang. Ikuti pula pola pembelian dan perilaku konsumen terhadap produk yang Anda tawarkan. Tetapkan target pasar serta cari tahu siapa kompetitor pemasaran yang akan diterapkan sehingga mampu mengungguli kompetitor.

Aspek pasar termasuk menyangkut jangkauan wilayah pemasaran suatu produk. Apakah secara offline ataupun online, sistem konvensional, direct selling atau semuanya.

Aspek Produk

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang ketiga adalah Aspek Produk.

Buatlah produk Anda seunik dan seinovative mungkin. Hal ini adalah peluang baik dari sisi marketing karena meskipun tanpa modal besar, efek dari “buzz marketing” akan memudahkan pemasaran.

Jika produk Anda adalah produk kemasan, makanan/minuman, usahakan telah sesuai dengan standar yang berlaku, misalnya terdaftar di BPPOM, MUI, dan DepKes serta tidak menimbulkan efek negative bagi yang mengkonsumsinya.

Aspek produksi, kemasan dan bahan baku harus diperhatikan untuk memastikan produk bernilai lebih dibandingkan produk pesaing.

Aspek Legal

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang keempat adalah Aspek Legal.

Aspek legal meliputi segala hal yang berhubungan dengan surat menyurat dan legalitas dari perusahaan Anda. Apakah berbadan hukum atau perusahaan perseorangan? Hal ini akan memudahkan pengurusan pajak dan hukum lainnya yang berlaku di negara ini.

Termasuk aspek legal adalah mendaftarkan brand kepada HAKI atau Hak Kekayaan Intelektual guna melindungi merk/brand Anda.

Aspek Finansial

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang kelima adalah Aspek Finansial.

Meskipun modal tidak hanya uang, tetapi aspek finansial tidak dapat dipungkiri sebagai sesuatu yang penting untuk mengetahui langkah yang dapat dilakukan agar memperoleh profitabilitas yang diharapkan.

Dalam perencanaan, tahap pertama penyusunan rencana keuangan adalah membuat perhitungan besarnya dana yang diperlukan untuk berbisnis atau biasa disebut biaya “start up” atau biaya investasi.

Biaya Investasi adalah biaya yang harus di keluarkan, misalnya pembelian mesin atau peralatan, pembayaran sewa tempat usaha, dan sebagainya. Kemudian biaya operasional mencerminkan prioritas kegiatan yang akan di lakukan, yang berkaitan dengan penjadwalan kegiatan operasional perusahaan.

Selain itu, perhitungan omzet, profit serta perhitungan balik modal pun (break event point) perlu diperhitungkan secara rinci.

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis

 

Aspek Sumber Daya Manusia

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang keenam adalah Aspek Sumber Daya Manusia.

Karyawan adalah aset perusahaan dan Anda harus menentukan orang yang di inginkan serta keahlian yang dibutuhkan. Aspek SDM ini sangat penting Anda perhatikan dan pertimbangkan, sebab kemajuan suatu perusahaan di tentukan faktor SDM yang terlibat didalamnya.

Aspek Manajemen dan Organisasi

7 Aspek dalam Perencanaan Bisnis yang ketujuh adalah Aspek Manajemen dan Organisasi.

Pembuatan struktur organisasi akan mempersempit ruang lingkup sehingga memberikan batasan tugas dan wewenang karyawan. Jadi, sekalipun bekerja sendiri, Anda masih bisa bekerja dengan sistem yang telah di buat.

Penutup

Dengan mengikuti ke tujuh aspek tersebut di atas, di harapkan Anda tidak salah dalam merencanakan bisnis Anda. Dan tentu tujuannya adalah ketika rencana tersebut di jalankan Anda tidak banyak mengalami kendala dan masalah di lapangan.  Semua karena Anda telah mempersiapkan perencanaan dengan baik.

Demikian semoga bermanfaat!